Memiliki Nilai Bersama: Pondasi dalam Membangun Hubungan yang Kuat

Nilai bersama adalah nilai yang dianggap penting oleh kedua belah pihak dalam sebuah hubungan. Nilai-nilai ini mencakup hal-hal seperti etika, moralitas, kepercayaan, harapan, dan cita-cita. Nilai bersama ini adalah poin kekuatan yang sangat penting karena efektif menyatukan dua individu menjadi satu yang sama-sama ingin mencapai tujuan hidup secara bersama-sama.

Dalam sebuah hubungan, nilai bersama berbicara tentang rencana masa depan pasangan, visi hidup, harapan dan impian, pola pikir, respon, serta tujuan yang ingin dicapai dalam hidup bersama. Nilai bersama juga mengandung prinsip-prinsip dasar yang dipegang oleh pasangan, termasuk prinsip kejujuran, kepercayaan, penghargaan, penghormatan, dan kesetiaan.

Mengapa Nilai Bersama Penting dalam Hubungan?

Dalam membangun hubungan, ada beberapa alasan mengapa memiliki nilai bersama sangat penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa nilai bersama menjadi pondasi kekuatan dalam hubungan:

1. Mengatasi perbedaan

Dalam setiap hubungan, pasti akan ada perbedaan pendapat dan prioritasm yang berbeda. Namun, nilai bersama dapat membantu pasangan mengatasi perbedaan tersebut dan menemukan kesamaan di antara mereka. Nilai bersama dapat membantu dalam proses mengambil keputusan dan mencari solusi, sehingga pasangan dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

2. Menciptakan kepercayaan

Nilai bersama dapat menciptakan kepercayaan yang kuat di antara pasangan, terutama ketika nilai tersebut dibangun bersama dalam kehidupan pernikahan. Belajar dan mengadopsi nilai-nilai penting dari pasangan dapat membantu memperkuat keyakinan bahwa pasangan merespek satu sama lain, bahkan dalam hal-hal kecil seperti cara pasangan berkomunikasi, berbicara atau bersikap.

3. Memperkuat komitmen

Mempunyai nilai bersama juga memperkuat komitmen pasangan pada satu sama lain. Kepentingan, tujuan dan rencana dalam hidup menjadi lebih mudah dimengerti ketika sahabat hidup adalah orang yang sama dengan kita dan memiliki visi dan misi yang sama pula. Dengan demikian, pasangan menjadi lebih terikat dan semangat untuk mencapai cita-cita dan harapan bersama.

4. Meningkatkan Rasa Kepemilikan

Mempunyai nilai bersama juga meningkatkan rasa kepemilikan dalam hubungan. Mengikuti dan membangun pola pikir yang sama mengikat pasangan dalam hubungan yang lebih kuat dan positif. Dengan memiliki nilai bersama, pasangan merasa memiliki satu tujuan dan bersama-sama menempuhnya dengan penuh tanggung jawab.

Baca Juga : Dukungan Emosional dalam Hubungan: Mengapa Ini Penting?

Bagaimana Cara Membuat Nilai Bersama dalam Hubungan?

Membuat nilai bersama dalam hubungan bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan waktu dan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak untuk mencari tahu nilai-nilai yang paling penting bagi masing-masing pasangan dan bagaimana nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat nilai bersama dalam hubungan:

1. Berbicara dan Mendengar

Saling berbicara dan mendengar menjadi kunci dalam membentuk nilai bersama. Setiap pasangan perlu bercakap-cakap secara terbuka dan jujur tentang nilai-nilai yang diambil dari keluarga, pengalaman masa lalu, kepercayaan dan pandangan hidup masing-masing. Berbicara adalah jalan terbaik untuk menemukan kesamaan dan perbedaan antara pasangan.

2. Kompromi

Kompromi adalah faktor penting dalam mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Setelah pasangan menemukan nilai bersama, jangan berhenti untuk selalu berbicara tentang apa yang terjadi di sekitar mereka dan bagaimana nilai tersebut dapat diterapkan dalam setiap situasi. Kompromi membantu pasangan memecahkan masalah dan mencari solusi bersama.

3. Menghormati

Menghormati nilai-nilai yang dianut oleh pasangan, meskipun berbeda dengan yang kita miliki, sangat penting dalam membangun nilai bersama dalam hubungan. Pasangan harus saling menghargai untuk dapat menciptakan hubungan yang sehat dan kuat.

4. Bersikap terbuka

Biasakan bersikap terbuka tentang apa yang kita inginkan dan apa yang kita tidak inginkan dari hubungan. Satu pasangan harus mengetahui keinginan dan tujuan pasangan yang lain sehingga setiap hal yang diambil bisa dicapai bersama. Hindari menganggap pasangan sebagai pembaca pikiran. Jangan takut mengungkapkan keinginan mereka, serta kesulitan yang dihadapi dalam mencapai tujuan bersama.

Kesimpulan

Nilai bersama menjadi pondasi penting dalam membina hubungan yang kuat dan langgeng. Dalam sebuah hubungan, nilai bersama adalah cara yang efektif dalam menyatukan dua individu menjadi satu yang sama-sama ingin mencapai tujuan hidup secara bersama-sama. Selain itu, nilai bersama juga dapat memperkuat komitmen dan menciptakan rasa kepemilikan dalam hubungan. Untuk membangun nilai bersama, saling berbicara dan mendengar, kompromi, menghormati, serta bersikap terbuka antara pasangan lebih penting dari yang lainnya. Memiliki nilai bersama akan membuat hubungan jadi sukses dan bertahan lama karena dibangun di atas dasar yang kuat.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *